GWM Memimpin Pasar Global dengan Strategi Diferensiasi

GWM Memimpin Pasar Global dengan Strategi Diferensiasi

BERITAUNGGULAN.COM, Jakarta – GWM baru saja mencapai tonggak penting dengan pertumbuhan penjualan yang signifikan di pasar internasional. Keberhasilan ini didorong oleh lini produk unggulan GWM, yang memperlihatkan prospek cerah bagi strategi diferensiasi perusahaan di pasar global di luar Tiongkok.

Selama periode Januari hingga Juni, GWM berhasil menjual 201.500 unit di luar Tiongkok, mencatatkan pertumbuhan year-on-year sebesar 62,59%. Pada bulan Juni saja, penjualan mencapai angka 38.104 unit, memecahkan rekor volume penjualan tertinggi dalam satu bulan di pasar internasional. Dengan peningkatan penjualan yang pesat ini, GWM diproyeksikan akan meraih laba bersih antara 6,5 hingga 7,3 miliar yuan (sekitar 14,3 hingga 16 triliun rupiah) pada paruh pertama tahun 2024. Ini menunjukkan peningkatan yang signifikan sebesar 377,49% hingga 436,26% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Jika non-recurring profit tidak diperhitungkan, laba bersih diperkirakan mencapai 5 hingga 6 miliar yuan (sekitar 11 hingga 13 triliun rupiah), naik 567,13% hingga 700,56%. Kenaikan ini terjadi berkat inovasi dan penyempurnaan yang terus dilakukan GWM pada lini produknya.

Parker Shi, Presiden GWM International, mengungkapkan, “GWM adalah pendukung kuat globalisasi. Kami memiliki komitmen jangka panjang terhadap pengembangan pasar internasional. Meskipun terjadi peningkatan ketegangan geopolitik di beberapa negara, GWM tetap fokus pada pengelolaan risiko dan pengembangan pendapatan melalui bisnis bernilai tinggi, sambil mengikuti berbagai kompetisi di berbagai lini untuk lebih adaptif menghadapi dinamika pasar yang terus berubah.”

GWM Memimpin Pasar Global dengan Strategi Diferensiasi

Dalam rangka mendukung strategi pengembangan global yang berkelanjutan, GWM aktif mendorong pembangunan “lokalisasi kapasitas produksi.” Perusahaan bertransformasi dari pengembangan produk dan perdagangan menjadi pengembangan manufaktur, menciptakan pola produksi lokal 1+3+N (pabrik di Tiongkok + tiga pabrik di luar negeri + beberapa pabrik perakitan KD). Selain tiga pabrik utama yang menjalankan produksi penuh di luar Tiongkok, GWM juga telah berhasil menjalankan beberapa proyek fasilitas perakitan di berbagai negara, termasuk Ekuador, Pakistan, Uzbekistan, dan Ghana. Proyek-proyek di Indonesia, Malaysia, dan negara lain juga dijadwalkan untuk mulai beroperasi tahun ini. Proyek ini tidak hanya menciptakan lapangan kerja lokal tetapi juga memperluas jaringan produksi GWM di luar negeri dan memenuhi kebutuhan konsumen global dengan lebih baik.

Dalam hal produk, GWM menyesuaikan portofolio produknya dengan kondisi lokal. Saat ini, GWM telah mencapai tata letak produk yang mencakup berbagai sumber energi, sumber tenaga, dan kategori, menjawab tuntutan global bagi perusahaan otomotif di era baru. Ini mempercepat laju pengenalan produk baru dan pengembangan pasar baru.

Sebagai contoh, GWM HAVAL JOLION PRO baru-baru ini diluncurkan secara resmi di Australia, Afrika Selatan, dan Arab Saudi. Sebagai SUV perkotaan yang dinamis dan berjiwa muda, model ini menawarkan pengalaman berkendara yang canggih dan berkualitas. Pada 29 Juni, HAVAL DARGO diluncurkan di Uzbekistan, menjadi model keempat dari merek HAVAL GWM di Uzbekistan dan SUV off-road ringan pertama di negara tersebut. Model ini dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara mewah di perkotaan sekaligus menjadi pilihan utama untuk aktivitas luar ruangan dan off-road.

Pada 2 Juli, GWM meresmikan flagship store di Doha, ibu kota Qatar, sambil meluncurkan pembaruan brand image, store image, dan model kendaraan unggulan untuk keluarga. Selain itu, GWM TANK 300 juga diluncurkan secara resmi di Malaysia. Sebagai SUV off-road pertama yang diluncurkan oleh GWM di pasar Malaysia, TANK 300 telah mendapatkan sambutan hangat atas performa yang luar biasa melalui uji coba berkendara di M4TREC Malaysia 4WD Training Experience Center.

GWM telah menetapkan target penjualan di pasar global di luar Tiongkok sebesar 500.000 unit untuk tahun ini. Secara keseluruhan, ekspor GWM memasuki fase pengembangan dan pencapaian hasil berkualitas tinggi. Mengingat volume penjualan tahun lalu dan momentum pertumbuhan saat ini, ada alasan kuat untuk meyakini bahwa GWM akan mencapai target pertumbuhan global pada 2024.