malang

BMH Salurkan 50.000 Liter Air Bersih untuk Warga Terdampak Kekeringan di Dusun Tulungrejo, Donomulyo, Malang

BERITAUNGGULAN.COM, MALANG —  Atas kepercayaan umat, Baitul Maal Hidayatullah (BMH) terus memperlihatkan komitmen sosialnya melalui program bakti sosial, kali ini dengan menyalurkan bantuan air bersih bagi warga Dusun Tulungrejo, Donomulyo, Kabupaten Malang, yang mengalami krisis air.

Kekeringan terjadi akibat mengeringnya Sumber Kali Sengkaring sejak 16 Oktober 2024, sumber air utama bagi dusun tersebut.

Sumber Kali Sengkaring, yang biasanya mengaliri 260 hektar lahan pertanian dan menjadi sumber air untuk kebutuhan 1.305 kepala keluarga, mendadak kering.

Berdasarkan penilaian awal, diduga terdapat kebocoran atau rongga di bawah goa yang menyebabkan aliran air terhenti. Akibatnya, warga kesulitan mendapatkan air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sebagai upaya untuk membantu meringankan beban warga, BMH, melalui dukungan dari para donatur, telah menyalurkan 50.000 liter air bersih bagi warga RT 5 yang dihuni oleh 60 kepala keluarga. Artinya setiap KK mendapatkan 833 liter air. Pada umumnya, rata-rata diperlukan sekitar 300 liter per hari per KK untuk kebutuhan dasar sehari-hari.

Meski demikian, bantuan air ini sangat membantu warga yang sangat bergantung pada sumber air tersebut untuk berbagai kebutuhan, seperti mandi, minum, dan kegiatan lainnya.

Sigit Heri Santoso, perangkat desa setempat, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas bantuan ini, “Bantuan dari BMH sangat berarti bagi warga yang terdampak kekeringan ini,” tuturnya.

Imam Muslim, Kepala Divisi Program dan Pemberdayaan BMH Jawa Timur, menyampaikan, “Alhamdulillah, dengan dukungan para donatur, kami dapat menyalurkan bantuan ini. Kami berharap bantuan ini dapat sedikit meringankan beban warga yang tengah diuji dengan kekeringan.”

BMH berkomitmen untuk selalu hadir membantu masyarakat yang membutuhkan, baik melalui penyaluran air bersih maupun berbagai program sosial lainnya yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.*