daihatsu

Daihatsu Manfaatkan GIIAS Semarang Perkuat Komitmen CSR Perusahaan

BERITAUNGGULAN.COM,JAKARTA–Di ajang pameran otomotif GIIAS Semarang tahun ini, menjadi momen bagi Daihatsu untuk memperkuat komitmen tanggung jawab sosial di Jawa Tengah. Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, Daihatsu berupaya meningkatkan kualitas pendidikan, kelestarian lingkungan, serta ekonomi yang berkelanjutan.

Sejalan dengan tema booth GROW FOR BETTER TOMORROW, Daihatsu berkontribusi meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang unggul dengan menjalin sinergi bersama 127 SMK binaan Daihatsu di Jawa Tengah. Dengan kurikulum Daihatsu dan fasilitas DOJO Center, sinergi positif ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan pelajar SMK agar lebih siap terjun di industri otomotif nasional.

Dalam kegiatan CSR perusahaan, Daihatsu juga berkomitmen melestarikan lingkungan dan keanekaragaman hayati melalui Konservasi Penyu di Kebumen, Jawa Tengah sejak 2021. Saat ini, Daihatsu memiliki total 6 konservasi penyu binaan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain itu, Daihatsu memperluas dukungan kepada pelaku usaha di Jawa Tengah, melibatkan Supplier dan UMKM lokal dengan berbagai jenis bidang usaha agar dapat bertumbuh dan mengembangkan usahanya secara berkelanjutan bersama Daihatsu.

Booth Daihatsu di GIIAS Semarang berlokasi di Booth A, Muladi Dome, Universitas Diponegoro, menampilkan 3 model unggulan. Meliputi Astra Daihatsu Ayla sebagai salah satu model LCGC yang mendapat sambutan baik dari masyarakat sebagai Sahabat Pertama Keluarga Indonesia, Rocky Crossfield sebagai model modifikasi dengan konsep Adventure and Tough, serta varian baru Xenia ADS dengan desain eksterior dan interior yang lebih fresh dengan sentuhan two-tone colors yang tampil sporty dan cocok untuk berbagai kebutuhan keluarga.

Berdasarkan data penjualan wilayah, hingga Agustus 2024, Kota Semarang merupakan kontributor utama penjualan otomotif di Jawa Tengah dengan kontribusi mencapai 26 persen. Dalam hal model dan segmen, pasar otomotif di Jawa Tengah termasuk Semarang didominasi oleh segmen mobil LCGC (Low Cost Green Car), disusul beberapa segmen lainnya seperti SUV, dan MPV.

“Semoga kehadiran Daihatsu di GIIAS 2024 Semarang dapat berkontribusi positif bagi industri otomotif, serta pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya di kota Semarang dan sekitarnya,” ujar Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor dalam keterangan resminya.

Penjualan Daihatsu khususnya model LCGC yaitu Sigra dan Ayla menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat di Jawa Tengah, termasuk Semarang dengan kontribusi hingga mencapai 37 persen. Khusus pada segmen LCGC MPV, Daihatsu Sigra mendominasi pasar ini di Jawa Tengah dan Semarang dengan kontribusi hingga 67 persen.