ayam

Dukung Pencegahan Stunting, Peternak Ayam Petelur Diberdayakan

BERITAUNGGULAN.COM, MALANG–Program pencegahan stunting yang dicanangkan pemerintah telah digulirkan di Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Program Tanggung Jawab Sosial (TJSL) ini bertujuan menyediakan akses gizi yang lebih baik, terutama bagi anak yang terindikasi stunting.

Program Zero Stunting Excellent di Desa Karangkates berfokus pada pemberdayaan komunitas dengan memberikan bantuan 2.000 ekor ayam petelur kepada kelompok masyarakat desa. Hasil telur dari ayam-ayam ini kemudian dibagikan secara gratis kepada 250 anak terindikasi stunting setiap harinya selama 6 bulan, sementara sisanya dijual untuk membantu kemandirian ekonomi kelompok pengelola ternak.

Salah satu warga Desa Karangkates, Hermin menyambut baik program pencegahan stunting ini. Dengan penuh semangat dirinya menyampaikan bahwa melalui program ini warga desa kini dapat memperbaiki dan mencukupi kebutuhan gizinya. “Anak saya sekarang terbiasa mengkonsumsi protein harian dari telur gratis ini, sangat membantu untuk kecukupan gizi,” ujarnya.

Plt. Bupati Malang, Didik Gatot Subroto juga menyampaikan apresiasinya atas upaya yang telah dilakukan PLN dalam menekan angka stunting di wilayahnya.

“Warga terbantu dengan pemasukan dari penjualan telur, anak-anak terbantu asupan gizinya, dan telur juga bisa dibeli dengan harga murah. Kami ucapkan terima kasih kepada PLN, semoga program ini terus berlanjut dalam pengentasan stunting, dan menciptakan ekonomi sirkular di Desa Karangkates dan sekitarnya,” ungkapnya.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menjelaskan sepanjang 2024 PLN telah memberikan bantuan kepada 1.533 anak melalui program penanganan stunting di seluruh Indonesia. Program-program yang telah dilakukan meliputi pemberian nutrisi makanan tambahan pada anak, pemeriksaan ibu hamil dan kesehatan anak, antropometri, serta edukasi kesehatan.

“Pendekatan holistik dalam menangani stunting ini mencakup lebih dari sekadar edukasi gizi dan pemberian nutrisi tambahan. PLN juga memberdayakan masyarakat setempat melalui program yang menciptakan ekonomi sirkular, bekerja sama dengan yayasan serta Non-Governmental Organization (NGO) yang berpengalaman,” ujarnya.