LAZISWAF Pesantren Al Hilal Gerak Cepat Terjun Langsung Hari Pertama ke Lokasi Gempa Bumi

BERITAUNGGULAN.COM, BANDUNG (www.alhilal.or.id) – Tim LAZISWAF Pesantren Al Hilal segera membantu warga yang terdampak gempa bumi yang terjadi pada Rabu pagi (18/9/2024). Gempa bumi berkekuatan 5.0 Magnitudo yang mengguncang Kabupaten Bandung dan sekitarnya pada pukul 09.41 WIB. Pusat gempa berada di koordinat 7.19 Lintang Selatan dan 107.67 Bujur Timur, sekitar 24 kilometer dari Kabupaten Bandung dengan kedalaman 10 kilometer. Guncangan gempa dirasakan hingga Garut.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa gempa ini terasa kuat di Bandung, Cimahi, dan Lembang. Beberapa warga melaporkan getaran yang cukup intens, mengakibatkan kerusakan pada bangunan dan perabot rumah. BMKG mengkonfirmasi bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami, namun masyarakat diminta tetap waspada terhadap kemungkinan gempa susulan.

 

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, hingga pukul 23.59 WIB pada hari yang sama, tercatat 532 rumah mengalami kerusakan berat dan 475 rumah mengalami kerusakan ringan, total mencapai 1.007 unit. Sebanyak 1.264 rumah terdampak gempa. Selain itu, kerusakan juga melanda 8 fasilitas kesehatan, 31 sarana pendidikan, 55 rumah ibadah, dan 2 perkantoran.

Gempa ini berdampak pada 15.409 kepala keluarga (KK) yang terdiri dari 21.696 orang. Sebanyak 710 orang mengungsi dan 78 warga mengalami luka-luka akibat puing-puing bangunan. Sementara itu, sebagian besar dari mereka yang terdampak bencana tinggal di posko pengungsian yang kondisinya masih seadanya.

Merespons bencana ini, tim LAZISWAF Pesantren Al Hilal segera terjun ke lokasi bencana di Desa Cihawuk, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. Tim melakukan:

  • Pengecekan kondisi pengungsi
  • Evaluasi tempat untuk posko Al Hilal
  • Pendataan kebutuhan pengungsi
  • Koordinasi dengan warga setempat untuk pembuatan posko
  • Pembagian rendang kaleng, beras, air minum
  • Penanganan pengungsi yang sakit

Bantu Penyintas Gempa Bumi Kabupaten Bandung!

Banyak warga mengungsi dan memerlukan bantuan sehari-hari. Bagi Sahabat yang ingin turut membantu penyintas Gempa Bumi di Kabupaten Bandung dan demi lancarnya aksi penanganan dampak bencana ini, Sahabat dapat membantu dengan cara menyalurkan donasi melalui

🏧 Bank Mandiri # 132.00.1254.995.3

A.n. Yayasan Al Hilal Rancapanggung

InsyaAllah, bantuan yang Sahabat berikan akan kami salurkan untuk kebutuhan mendesak seperti:

  • Makanan siap saji
  • Paket pangan
  • Susu dan popok balita
  • Tenda dan terpal pengungsi
  • Peralatan kebersihan

“Bersama LAZISWAF Pesantren Al Hilal, mari bersama-sama membantu mereka yang membutuhkan di tengah bencana Gempa Bumi Kabupaten Bandung,”tutup Elis Parwati, redaksi LAZISWAF Pesantren Al Hilal. [ ]

Dok foto : LAZISWAF Pesantren Al Hilal