Menparekraf Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut untuk Peringati HUT Ke-79 RI

Menparekraf Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut untuk Peringati HUT Ke-79 RI

BERITAUNGGULAN.COM, Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2024, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melakukan upacara pengibaran bendera merah putih dengan cara unik, yakni di bawah laut Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, pada Sabtu (17/8/2024).

Menparekraf Sandiaga tiba di Pulau Pramuka sekitar pukul 09:45 WIB setelah melakukan perjalanan menggunakan speed boat dari dermaga Pantai Marina Ancol. Pulau ini juga baru saja masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024. Sesampainya di Pulau Pramuka, Sandiaga langsung menuju lapangan sepak bola setempat untuk mengikuti upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang terhubung secara daring dengan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

“Langkah ini menunjukkan keberpihakan pemerintah pusat pada daerah-daerah terdepan, terluar, dan yang masih menghadapi berbagai tantangan, termasuk Kepulauan Seribu. Semoga dengan langkah-langkah ini, daerah-daerah tersebut dapat lebih berkembang menuju Indonesia Emas 2045,” ujar Sandiaga usai pengibaran bendera di bawah laut.

Menparekraf Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut untuk Peringati HUT Ke-79 RI

Menparekraf menegaskan bahwa pihaknya akan terus bersinergi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mendorong pertumbuhan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kepulauan Seribu. Sejumlah program unggulan dari Kemenparekraf, seperti ADWI 2024 dan KaTa Kreatif, dirancang untuk mengajak masyarakat, terutama generasi muda, berperan aktif dalam pengembangan wilayah ini.

Dalam kesempatan tersebut, Menparekraf tampil dengan pakaian khas Kalimantan Timur, yaitu rompi dari kulit kayu berwarna cokelat, serta topi berhias bulu burung enggang dari Suku Dayak Lebo Pedalaman Kelay, Berau. “Busana ini saya dapat saat berkunjung ke Desa Wisata Derawan, dan kali ini saya kenakan untuk memeriahkan momen bersejarah ini bersama Presiden dan para rekan lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, yang turut hadir, menyampaikan bahwa kemerdekaan Indonesia bukan hanya soal mengenang jasa para pahlawan, tetapi juga menjadi momen untuk merefleksikan upaya memajukan generasi muda, khususnya di bidang olahraga. Menpora Dito menambahkan bahwa partisipasinya bersama Menparekraf di Pulau Pramuka merupakan bentuk pelaksanaan instruksi Presiden Joko Widodo untuk mengadakan upacara di daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar).

“Saya yakin dengan potensi bahari dan pariwisatanya, Pulau Pramuka dapat menjadi pusat olahraga air, termasuk open water swimming dan sailing. Pemerintah pusat bersama dengan pemerintah daerah akan terus fokus mengembangkan potensi olahraga air di kawasan ini,” ujar Menpora.

Dalam kegiatan ini, Menparekraf juga didampingi oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto, serta Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi.