pt pupuk indonesia

Pupuk Indonesia Bina 1.817 UMKM, 336 Diantaranya Perajin Wastra Nusantara

BERITAUNGGULAN.COM,JAKARTA–Sebagai salah satu holding BUMN, PT Pupuk Indonesia (Persero) melalui Perkumpulan Istri Karyawan Pupuk Indonesia (PIKA-PI), Pupuk Indonesia membawa karya UMKM binaan ke panggung Internasional di Jakarta Fashion Week 2025 (JFW).

PIKA-PI menampilkan kain songket Palembang dari UMKM binaan Pupuk Indonesia dengan sentuhan elegan yang tetap menonjolkan nilai kebudayaan lokal hasil kolaborasi dengan desainer berbakat yaitu Maya Ratih dan Temma Prasetio.

Kolaborasi kreatif dengan PIKA-PI ini pun sejalan dengan salah satu prioritas Kementerian BUMN di pemerintahan saat ini, yaitu agar BUMN dapat mengoptimalkan perannya dalam mendorong UMKM naik kelas, serta mendorong kerja sama dengan pihak swasta.

“Kami juga berkomitmen mengoptimalkan peran sebagai BUMN untuk memberdayakan UMKM, sesuai dengan arahan terbaru Menteri BUMN,” kata Direktur Sumber Daya Manusia Pupuk Indonesia, Tina T Kemala Intan.

PT Pupuk Indonesia ingin karya anak bangsa, seperti kain songket Palembang yang kaya nilai budaya, mampu bersaing di kancah global, sehingga mampu menciptakan dampak positif bagi perekonomian dan budaya Indonesia. Saat ini, Pupuk Indonesia tercatat telah memiliki 1.817 UMKM binaan, dengan 336 diantaranya merupakan perajin wastra nusantara.

Perkumpulan Istri Karyawan Pupuk Indonesia (PIKA-PI) berkomitmen ikut mendukung tujuan Pupuk Indonesia, termasuk dalam hal pemberdayaan UMKM lokal. Sebelum ajang Jakarta Fashion Week 2025, PIKA-PI Group bersama kedua desainer secara konsisten melakukan pembinaan dan inspirasi desain kepada UMKM binaan wastra hingga mampu menghasilkan kain songket yang siap guna dan memiliki keindahan serta makna tinggi dalam industri fesyen.

“Selain mengusung misi pelestarian budaya melalui JFW, kami juga memberdayakan para perajin songket yang selama ini bekerja di balik layar, menuju panggung yang lebih bersinar,” kata Ketua Umum PIKA-PI Group, Tata Rahmad Pribadi