Santri Hidayatullah Ternate Gelar Upacara Bendera, Syukuri HUT ke-79 RI

BERITAUNGGULAN.COM, TERNATE — Para santri Hidayatullah Kota Ternate menggelar upacara bendera dengan penuh khidmat di lingkungan Pondok Pesantren pada Sabtu (17/8), sebagai wujud rasa syukur atas nikmat kemerdekaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia.

Kepala Departemen Tarbiyah/Kepesantrenan, Ust. Rusli A. Trafannur, S.Pd, bertindak sebagai inspektur upacara dengan mengenakan pakaian batik korpri. Puluhan guru dan ratusan santri mengikuti kegiatan ini dengan penuh antusiasme.

Dalam sambutannya, Rusli mengingatkan para santri untuk bersyukur atas rahmat Allah yang memberikan kemerdekaan kepada Indonesia. Ia juga menekankan pentingnya belajar sungguh-sungguh agar bisa menjadi individu yang bermanfaat bagi daerah dan bangsa.

“Kita harus bersyukur atas rahmat Allah dengan diberinya Kemerdekaan RI ini, karena ada negara lain yang hingga saat ini belum menikmati kemerdekaan. Tanda syukurnya dengan sungguh-sungguh belajar agar bisa menjadi orang yang berguna bagi daerah dan bangsa ini,” ungkap Rusli.

Danira Cahyani, salah seorang santri, mengungkapkan rasa syukur dan bahagianya bisa mengikuti kegiatan

peringatan kemerdekaan ini.

“Alhamdulillah, saya sangat bahagia bisa mengikuti upacara di Pondok ini, karena selain melatih kami dalam persiapan latihan baris-berbaris (PBB) Pengibar Bendera, kebersamaan, dan kekompakan tim, saya juga merasa terharu dan bangga sebagai anak bangsa besar yang bisa memberi sumbangsih tenaga melalui upacara ini,” jelas Cahyani.

Upacara ini terselenggara berkat kerjasama Panitia Tim Kepengasuhan dan Guru-Guru di Unit reguler Yayasan Hidayatullah Kota Ternate. Acara dilanjutkan dengan jamuan makan bersama seluruh peserta upacara, para guru, pengasuh, dan santri di lingkungan Pondok Pesantren Hidayatullah Kalumata, Kota Ternate.*