"Kolaborasi Inovatif DKV Unisa Bandung dan UiTM Malaysia, Sukses Ciptakan Ekosistem Kreatif Baru"

“Kolaborasi Inovatif DKV Unisa Bandung dan UiTM Malaysia, Sukses Ciptakan Ekosistem Kreatif Baru”

BERITAUNGGULAN.COM, BANDUNG — Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Sains dan Teknologi Universitas ‘Aisyiyah (Unisa) Bandung berkolaborasi dengan Universiti Teknologi Mara (UiTM) Shah Alam, Malaysia, serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat (Jabar) sukses menggelar kegiatan Design Collaboration And Partnership (DECOPART) pada 31 Agustus – 1 September 2024. Acara ini bertempat di Ruang Publik Senin Kreatif, Kantor Disparbud Jabar, Rabu (04/09/2024).

Rektor Universitas ‘Aisyiyah Bandung, Tia Setiawati, M.Kep., Ns., Sp.Kep.An., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan DECOPART merupakan wujud nyata dari kolaborasi antara Unisa Bandung, khususnya Program Studi DKV, dengan Kolej Pengajian Seni Kreatif UiTM Shah Alam, serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat.

“Kolaborasi ini tidak hanya mencakup diskusi intelektual melalui seminar, tetapi juga perayaan kreativitas dan inovasi melalui pameran karya seni yang luar biasa,” ujar Tia.

Beliau menambahkan, dengan adanya kegiatan DECOPART ini semua orang bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar, mendapatkan inspirasi, dan mengapresiasi karya-karya yang memperkaya wawasan serta meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan seni di Unisa Bandung dan UiTM Shah Alam Malaysia.”

Tia juga berharap bahwa seminar dan pameran ini akan membawa manfaat besar bagi semua pihak, serta menjadi awal dari kolaborasi yang lebih erat dan berkelanjutan di masa mendatang. “Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam acara ini, baik dari Unisa Bandung, UiTM Shah Alam Malaysia, maupun Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat. Semoga sinergi ini terus terjalin dan berkembang, serta membawa dampak positif bagi kemajuan kita bersama,” tuturnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Drs. Benny Bachtiar, M.Si., dalam sambutannya berharap kegiatan ini dapat menciptakan ekosistem ekonomi kreatif yang menguntungkan bagi Indonesia dan Malaysia. Sementara itu, Ts. Dr. Verly Veto Vermol, Wakil Delegasi Kolej Pengajian Seni Kreatif (KPSK) UiTM, meyakini bahwa DECOPART akan mempererat hubungan kedua negara.

Acara yang mencakup pameran karya kreatif, talkshow, dan workshop ini mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pemprov Jabar juga berharap kegiatan tersebut mampu membentuk sumber daya manusia yang berkualitas, khususnya di kalangan anak muda. (*)

Sumber: UNISA-BANDUNG.AC.ID