Penguatan Kemitraan Internasional : FIKes Unisa Bandung dan UiTM Malaysia Jalin Kerja Sama Berkelanjutan

BERITAUNGGULAN.COM, BANDUNG – Berbagai kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi,  tampak mewarnai kunjungan delegasi Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia ke Kota Bandung. Aktivitas yang melibatkan enam orang dosen UiTM Malaysia itu merupakan realisasi kerja sama antara UiTM dengan Universitas Aisyiyah (Unisa) Bandung.

Adapun kegiatannya antara lain,  Sharing Penyusunan Roadmap Penelitian, Pengabdian Masyarakat Bersama di Desa Binaan Unisa Bandung, serta Visiting Lecture oleh dosen UiTM yang memberikan perkuliahan kepada mahasiswa Keperawatan dan juga Kebidanan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di 2 tempat yakni di Desa Campaka Mulya, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, dan juga di Kampus 2 Universitas ‘Aisyiyah Bandung pada Kamis, (30/05/2024) sampai dengan Jumat, (31/05/2024).

Penyusunan Roadmap Penelitian

Adapun rangkaian kegiatannya, diawali dengan Sharing Roadmap Penelitian yang dilaksanakan di Kampus 2 yang diikuti oleh seluruh dosen dilingkungan Universitas ‘Aisyiyah Bandung.

Ketua Pelaksana Implementasi Kerjasama Unisa Bandung dan UiTM Malaysia, Nur Rohmah, A.M.K., S.Pd., M.Sc mengungkapkan, dengan implementasi kerja sama ini dapat meningkatkan dan menguatkan komitmen Tri Dharma Perguruan Tinggi antar kedua institusi. “Tentu ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang tentunya berstandar Internasional,” ujarnya.

Pengabdian Masyarakat

Sementara itu,  kegiatan Pengabdian Masyarakat diselenggarakan di Desa Cempaka Mulya, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung. Aktivitas ini memperoleh sambutan hangat dari warga dan tokoh setempat. Pada kegiatan tersebut, Universitas ‘Aisyiyah (Unisa) Bandung menurunkan mahasiswa dari Fakultas Ilmu Kesehatan untuk memberikan layanan cek kesehatan gratis kepada masyarakat.

Tidak hanya itu, terdapat juga pemaparan materi untuk masyarakat seputar demam berdarah dan cara pencegahannya yang diberikan oleh Dr. Zul-‘Izzat Ikhwan B. Zaini dan Dr. Evana Kamarudin dari UiTM Malaysia, dan juga Popy Siti Aisyah, S.Kep., Ners., M,Kep dari Universitas ‘Aisyiyah Bandung.

Dalam kesempatan itu, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Popy Siti Aisyah, S.Kep., Ners., M,Kep mengatakan, dipilihnya Desa Cempaka Mulya karena kasus demam berdarah di desa tersebut terhitung tinggi.

“Nah diharapkan dengan adanya pengabdian masyarakat disini, masyarakat bisa tersadarkan dan angka kasus demam berdarah disini bisa menurun,” ujarnya.

Kegiatan Visiting Lecture Dosen UiTM Malaysia di Kampus Unisa Bandung

 Visiting Lecture

Rangkaian Kegiatan Unisa Bandung bersama dengan UiTM Malaysia ditutup dengan kegiatan Visiting Lecture yang dilakukan di Kampus 2 Universitas ‘Aisyiyah Bandung pada Jumat, (31/05/2024).

Seluruh rombongan dosen dari UiTM Malaysia memberikan materi perkuliahan kepada mahasiswa Keperawatan dan juga Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas ‘Aisyiyah Bandung sesuai dengan kepakarannya.

Ketua Pelaksana kegiatan, Nur Rohmah, A.M.K., S.Pd., M.Sc mengatakan, kegiatan Visiting Lecture ini menjadi pengalaman berharga bagi para mahasiswa Fikes Unisa Bandung karena dapat mengambil ilmu serta pengalaman lebih luas. “Ini menjadi upaya peningkatan kualitas, dimana mahasiswa dapat lebih dalam dan lebih luas menggali keilmuan dari para pakar yang merupakan para dosen UiTM Malaysia,” pungkasnya. []

Dok foto : Unisa Bandung